BOOK REVIEW : TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK

By Sekar HP - Januari 07, 2018

Hai Fellas! Bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga pada sehat semua ya. Ok, kali ini aku mau membuat ulasan mengenai buku sastra Indonesia favorit aku yang pasti kalian tahu yaitu Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. So, let's jump right in!


 

Judul Buku : Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Penulis        : Buya Hamka

Bahasa        : Indonesia

Penerbit     : Balai Pustaka

Halaman    : 276 halaman

_________________________________________________________________________________

Sinopsis 

Buku Tenggelamnya Kapal  Van Der Wijck karya Buya Hamka menceritakan Zainuddin jatuh cinta dengan Hayati. Namun mereka tidak bisa bersatu karena ada kesenjangan sosial diantara mereka sehingga mereka tidak bisa bersatu.

Lalu Hayati menikah dengan Aziz, laki - laki pilihan orang tuanya yang dipandang sepadan dengan Hayati. Mengetahui hal tersebut terjadi, si cowok patah hati dan meninggalkan Padang dengan harapan untuk dapat melupakan hayati. Dari patah hatinya melahirkan karya yang dapat membuatnya terkenal.  
____________________________________________________________________________________________________

Review

    Dari segi alur cerita, buku ini menceritakan budaya yang pada zaman ini terjadi seperti menikah dengan strata yang sama hingga kehidupan yang kental dengan budaya di suku tersebut. Pada buku ini menggunakan alur maju dan alur tempat yaitu di Padang dan Surabaya. Selain itu untuk alur suasana sebagian besar terjadi menyedihkan.
    Dari segi tokoh, berdasarkan buku Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck memiliki 7 tokoh dan mudah untuk dipahami bagi pembaca yang sulit untuk menghafal nama maupun karakter tokoh dalam jumlah banyak. Dalam buku ini menjelaskan setiap tokohnya dengan detail dan juga menjelaskan latar belakang kehidupan suatu tokoh.
    Selanjutnya gaya bahasa, karya Buya Hamka ini ditulis dengan gaya bahasa melayu dan bagi kalian yang membaca buku ini pertama kali, kalian mungkin akan mengalami kesulitan untuk memahaminya.
  Setelah membaca ulasan dari aku, bikin tergugah untuk membacanya kan ? So kalian bisa membelinya di toko buku terdekat kalian atau bisa beli juga secara online.
___________________________________________________________________________________________________

Conclution

Jadi aku suka sama buku ini mulai dari alur sampe tokohnya namun aku perlu membutuhkan waktu yang ekstra untuk memahami buku ini. So itu aja review buku Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Stay tune on my blog, bye!

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Keep reading, writing, and sharing! Really like your book reviews :)

    BalasHapus
  2. Wah, saya baca buku ini waktu jaman sekolah dulu (SMP atau SMA), sudah lama sekali, jadi kangen, nanti kapan-kapan mau reread lagi ah, hihihi.

    BalasHapus