BOOK REVIEW : IN A BLUE MOON

By Sekar HP - Agustus 02, 2016

Hey semua kali ini saya bakal membuat ulasan novel "In a Blue Moon" karya Ilana Tan.

 
  • Title : In a Blue Moon
  • Author : Ilana Tan
  • Publisher :PT Gramedia Pustaka Utama
  • Pages : 318 pages
  • Edition : IX, 2015
Sinopsis (Goodreads) :
“Apakah kau masih membenciku?”
“Aku heran kau merasa perlu bertanya.”


Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya. Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York. Gadis itu masih membencinya. Masalah utamanya bukan itu—oh, bukan!—melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya itu kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur.

Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. Dan, kadang-kadang—ini sangat jarang terjadi, tentu saja—kakeknya bisa mengambil keputusan yang sangat tepat.
 

My Review :
         Buku In a Blue Moon merupakan salah satu buku karya Ilana Tan yang diliriskan pada 2015 menceritakan Kakek Lucas ingin melakukan perjodohan dengan cucu sahabatnya, Sophie yang mana dulu pernah bersekolah di sekolah yang sama. Namun Sophie membenci Lucas karena pada saat sekolah terjadi peristiwa yang membuat Sophie membenci Lucas. Selain In a Blue Moon, karya Ilana Tan yang lain adalah tetralogi empat musim (Spring in London, Summer in Seoul, Autumn in Paris, dan Winter in Tokyo) dan Sunshine Becomes You dan karyanya seperti Sunshine Becomes You dan Winter in Tokyo sudah diadaptasi menjadi film. Dari semua karyanya saya paling suka adalah Autumn in Paris dan Winter in Tokyo karena alur dan isi ceritanya menarik juga ceritanya menurutku ceritanya lebih nyata di kehidupan sehari - hari, kalau untuk Autumn in Paris nggak semua novel cinta itu berakhir dengan happy ending (oops spoiler) saya baca itu sih nggak membuat ingin menangis juga tapi bikin gemes endingnya kenapa harus sedih.
          Kembali ke topik, menurut saya novel ini bisa dibilang ceritanya "ringan", mudah dimengerti, dan alurnya bisa diikuti oleh pembaca. Aku suka gaya tulisannya beliau karena si penulis menggambaran setiap tokoh, alur, dan latar tempatnya begitu detail sehingga para pembaca bisa berimajinasi wajah tokoh tersebut atau bahkan bisa jatuh cinta sama tokoh fiksi ini. Namun disayangkan konflik dalam buku ini tidak terlalu mencolok atau bisa dibilang kurang klimaks sehingga saya merasa bosan di tengah cerita namun tidak sebosan pada saat saya membaca buku Sunshine Becomes You dan ceritanya menurut saya terlalu chessy aja. Dari keseluruhan buku ini lumayan enak dibacanya dan bagi kalian yang suka novel romance mungkin cukup menjadi buku yang recommended.

Sekian dari ulasan buku ini, terima kasih atas perhatiannya. Have a Nice Day 😊
 
Rating : 3,5/5 🌟
         
 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar